Renyahnya Kue Semprong Hingga Ke Luar Negeri
Cari Berita

Renyahnya Kue Semprong Hingga Ke Luar Negeri

Destinasi Nusantara
Rabu, 24 Oktober 2018

Kue Semprong, entah dari mana dan kapan nama penganan tersebut muncul.Yang jelas kue semprong pernah popular dan menjadi promadona di jaman dulu, meski keberadaannya kini mulai tenggelam. Kue Semprong terkenal di wilayah Jawa Barat sebagai camilan. Beberapa pedagang makanan ringan di pasar tradisional masih menjual kue semprong walaupun stoknya tak sebanyak kue-kue lain yang sedang popular saat ini.

Dahulu, ketika berkunjung ke rumah teman atau saudara, kue ini menjadi sajian utama. Bahkan orang tua kita sengaja menyediakan kue semprong untuk persediaan penjamuan tamu atau sekedar camilan saat nonton televisi.

Kue Semprong Ala Cimahi


Artikel Kuliner Nusantara tentang sejarah, varian rasa, lokasi, dan bentuk Kue Semprong dari Cimahi bandung jawa barat.
Kue Semprong

Kue semprong sangat sederhana, namun bentuk dan ukuran yang sering dijumpai pada waktu itu seperti pipa kecil berdiameter 0.5 cm dengan panjang kira-kira sejengkal tangan. Kue ini renyah dan rasanya manis pas untuk dijadikan teman sehari-hari disaat santai.

Di Kota Cimahi terdapat pengrajin kue semprong yang cukup terkenal. Tempat produksi yang terletak di Jalan Encep Kartawiria ini berdiri sejak tahun 1998 dan berhasil memproduksi kue semprong dengan aneka rasa pilihan. Bahan-bahan alami seperti kelapa dan buah-buah segar menjadi bahan baku utama guna menghindari penggunaan bahan kimia seperti essence dan pengawet.

Jika dahulu kue semprong identik dengan rasa wijen atau kayu manis dan rempah-rempah lainnya, kini penganan yang gurih dan renyah tersebut sudah mengalami berbagai perubahan rasa. Seperti dilakukan Bapak Jumari dan Ibu Yani yang sejak lama telah menekuni bisnis tersebut.

Inovasi yang mereka lakukan mampu memproduksi kue semprong dengan berbagai varian rasa, seperti rasa pisang, keju, kacang cokelat dan durian. Variasi rasa ini merupakan upaya kreatif guna menarik minat pembeli sehingga pilihan rasa menjadi daya tarik luar biasa.

Selain variasi rasa, bentuk dan tampilan kue semprong pun tak luput dari modifikasi mereka. Di tangan Jumari dan Yani bentuk kue semprong dimodif menyerupai kipas. Untuk mempercantik tampilan, kemasan pun tak luput dari perubahan agar tampil cantik dan memikat.

Kue semprong buatannya kini sudah melanglang buana, sebut saja Jabotabek, Cikampek dan Semarang adalah beberapa daerah yang sudah menjadi langganannya. Bahkan banyak diantara pelanggannya yang masih menerima order untuk dibawa ke luar negeri.

Penutup


Jika berlibur ke Bandung, maka sempatkan diri untuk mampir ke Kota Cimahi. Di sana banyak pilihan kue semprong dengan variasi rasa atau anda bisa secara langsung mengujungi tempat produksi kue semprong millik Bapak Jumari dan Bu Yani di Jl. Encep Kartawiria, Kota Cimahi.