Oleh-oleh dari Masyarakat Punclut
Cari Berita

Oleh-oleh dari Masyarakat Punclut

Destinasi Nusantara
Rabu, 17 Oktober 2018

Anda pernah mendengar kawasan Punclut? Ya, kawasan diatas perbukitan tinggi ini memang terkenal sebagai salah satu surga kuliner di Kota Bandung. Ratusan rumah makan berdiri menawarkan makanan khas bercitarasa Parahyangan dengan view yang mempesona. Namun ternyata hal lain di kawasan ini, yaitu para pengrajin makanan berbahan dasar singkong.

cemilan dari punclut kota bandung, keripik singkong, wisata kuliner, olahan.
Keripik Singkong dari Punclut

Belakangan kawasan Punclut menjadi sentra pembuatan aneka makanan ringan berbahan singkong. Hasil kerajinan masyarakat setempat tampak dijajakan dipinggiran jalan kawasan ini. sejak dahulu banyak masyarakat setempat yang menanam singkong alias ubi kayu.

Mulanya hanya beberapa keluarga saja yang mengolah singkong menjadi makanan ringan seperti keripik. Namun kini hal tersebut menjadi kegiatan massal yang dilakukan masyarakat secara bersama-sama.

Jika sempat berjalan-jalan ke punclut, kita bisa mengamati kegiatan masyarakat membuat aneka olahan singkong. Dihalaman rumah atau lahan kosong sekitarnya terlihat beberapa sasag (sejenis anyaman bambu) yang digunakan untuk menjemur olahan singkong tadi.

Setelah cukup kering, jemuran olahan tadi dijajakan dipinggir jalan atau halaman rumah yang kebetulan berada disamping jalan punclut.

Kecimpring atau keripik dan beberapa jenis lainnya bisa kita dapatkan dalam keadaan mentah. Dengan demikian kita bisa membawanya sebagai oleh-oleh tanpa takut basi atau remuk karena renyah setelah digoreng. Kondisi mentah juga bisa disimpan dalam waktu yang lama dan dapat kita goreng setiap kita mengingnkannya.

Penutup

Tertarik? Datanglah ke kawasan Punclut. Sambil makan sekaligus jalan-jalan sejenak untuk memilih aneka olahan singkong khas masyarakat Punclut. Jangan lupa share artikel ini keseluruh kerabat dan keluarga anda.