Pindang Gombyang Khas Indramayu
Cari Berita

Pindang Gombyang Khas Indramayu

Destinasi Nusantara
Sabtu, 20 Oktober 2018

Pindang Gombyang Khas Indramayu - Sejak dahulu daerah pantai utara Jawa Barat memiliki kekhasan dalam berbagai hal. Salah satu kabupaten yang berada di pantura Jabar adalah Indramayu. Jika dilihat dari letak geografisnya, Indramayu merupakan daerah yang memang tidak jauh dari Pantai. Tak mengherankan jika Indramayu menjadi salah satu daerah penghasil ikan laut terbesar di Jawa Barat.

Artikel kuliner tentang Pindang Gombyang Khas Indramayu, rm panorama indramayu, resep pindang gombyang tanpa santan, resep dan ulasan.
Pindang Gombyang

Namun siapa sangka, dibalik udara yang panas dan unsur budaya khasnya terdapat satu makanan yang tak kalah dibandingkan dengan daerah lainnya. Adalah pindang gombyang, menu berbahan dasar ikan yang berkuah ini dapat menjadi ikon bagi kabupaten Indramayu.

Pindang Gombyang Ala Indramayu

Pindang gombyang merupakan menu yang memang masakan khas dari Indramayu dan sangat berbeda dengan menu lain yang sejenis. Masyarakat sekitar menyebut ikan yang digunakan dalam membuat pindang gombyang ini adalah ikan manyung. Ikan manyung adalah ikan yang memiliki moncong panjang dan bentuk moncongnya masih terlihat pada sajian.

Tulang kepala ikan manyung tersebutlah yang dijadikan pindang gombyang. Sekilas tampak hanya tumpukkan tulang kepala ikan saja diatas piring saji, namun ketika diamati terdapat daging yang terselip diantara tulang. 

Pencarian daging diantara lekuk tulanglah yang memberikan sensasi pindang gombyang. Terlebih saat kuah dicicipi terasa paduan bumbu dan aneka rempah yang cukup terasa kuat dilidah. Bumbunya membuat citarasa gombyang begitu segar, tidak terasa bau amis.

Kesimpulan


Pindang gombyang sangat mudah ditemukan dikawasan pantai Indramayu. Beberapa tempat makan dengan ciri khas daerah pantura biasanya hadir di sekitar muara karangsong dan jalan Tambak Raya, tempat kami menikmati sajian istimewa tersebut. Silahakan ke RM.Panorama, Jalan Tambak Raya, Indramayu atau hubungi di Phone: 0234 – 7006559.