Sedapnya Laksa Bogor Bikin Ketagihan
Cari Berita

Sedapnya Laksa Bogor Bikin Ketagihan

Destinasi Nusantara
Rabu, 24 Oktober 2018

Jawa Barat tak pernah ketinggalan soal kuliner, termasuk kuliner tradisional yang menjadi buruan pecinta masakan tradisiona. Di Bogor ada salah satu makanan khas yang citarasanya terkenal kemana-mana, namanya laksa Bogor. Wahyu, salah seorang penjual laksa yang yang terkenal di Bogor sejak tahun 1990 berbagi cerita dan rasa.

Laksa Bogor


Artikel Kuliner Nusantara tentang sejarah, resep, cara membuat menu laksa bogor sebagai makanan tradisional khas bogor.
Laksa Bogor Tradisional

Makanan yang satu ini terdiri dari lontong yang dicampur dengan bahan lain berupa sup berkuah. Santan yang dicampurkan membuat kuahnya terasa gurih alami, berbeda dengan makanan yang menggunakan penyedap buatan seperti MSG. 

Sementara sang koki menambahkan kunyit yang memberi warna kuning terang sehingga memikat siapapun yang melihatnya. Selanjutnya beberapa bumbu lain tak luput dibubuhkan untuk menambah citarasa.

Seperti halnya makanan berkuah, laksa Bogor disajikan dengan mencampurkan potongan lontong, taoge, bihun dan disiram dengan kuah laksa kuning yang menyerupai kari. Namun meski demikian, Wahyu mengatakan inikuah kelapa, bukan kari. Dalam kuah laksa yang mendidih terdapat potongan tahu yang lembut. Rasanya, benar-benar sedap luarbiasa.

Kenikmatan tak berhenti sampai disitu, salah satu bahan yang paling menunjukkan khas Jawa Barat adalah oncom. Dalam pembuatan laksa dipilih oncom merah yang dicincang halus dan ditaburkan diatas hidangan sebelum disiram kuah laksa. 

Sementara untuk menambah selera, daun kemangi yang segar turut menghiasi hidangan. Jika sudah demikian sepertinya sulit sekali mulut ini untuk berhenti menyantapnya. Rasa gurih, segar bercampur menjadi satu.

Kesimpulan

Demikian ulasan mengenai laksa bogor dalam edisi kuliner kali ini. Untuk lebih jelasnya silahkan menuju ke jalan Surya Kencana yang ada di kota Hujan tersebut.