13 Daerah Wisata Di Bulukumba Sulawesi Selatan Paling Indah Dan Menarik
Cari Berita

13 Daerah Wisata Di Bulukumba Sulawesi Selatan Paling Indah Dan Menarik

Destinasi Nusantara
Rabu, 07 November 2018

Tempat Wisata di Bulukumba - Indonesia populer dengan pulau-pulau indah yang mempunyai sejuta pesona. Serpihan nirwana tersebar di setiap bagiannya dan keindahan alam yang semakin menciptakan hidup terasa nikmat.

sumber : @dionwiyoko via instagram
Salah satu bab pulau yang mempunyai sejuta keindahan yaitu Bulukumba Sulawesi Selatan. Satu kata yang sempurna untuk menggambarkan keindahan yang ada di kabupaten ini yaitu Sempurna.

Apa saja kawasan terindah yang sanggup Anda jadikan kawasan wisata di Bulukumba ?. Kali ini akan pilihkan tempat-tempat terbaik yang sanggup Anda kunjungi.

1. Eksplorasi Keindahan Tanjung Bira


sumber : @anggorooy_149 via instagram
Tanjung Bira yaitu nirwana pantai tersembunyi dari Desa Bira, Kecamatan Bonto Bahari yang mempunyai pesona menakjubkan. Ada yang menyampaikan bahwa Pantai Tanjung Bira merupakan pantai terindah yang ada di Sulawesi Selatan.

Hamparan pasir putih, hijaunya pepohonan berpadu indah dengan gradasi jernih air laut. Keindahan pantai ini benar-benar akan menciptakan Anda senang telah tiba ke nirwana laut yang ada di Bulukumba ini.

Bicara fasilitas, pantai ini merupakan salah satu kawasan wisata yang mempunyai akomodasi yang cukup lengkap. Untuk penginapan pun telah tersedia beberapa penginapan di kawasan ini dengan harga yang variatif.

2. Menyelam Pulau Liukang Loe

sumber : @dionwiyoko via instagram
Pesona selanjutnya dari Bulukumba adalah Pulau Liukang Loe yang terletak di sebelah barat Tanjung Bira. Di pulau ini terdapat kehidupan masyarakat yang begitu khas dan tradisional serta pemandangan laut yang memukau.

Pulau Liukang Loe mempunyai sebuah dermaga panjang yang sangat cocok dijadikan kawasan bersantai menikmati indahnya matahari karam di ufuk barat.

3. Eksotisme Pulau Kambing
sumber : @missyelainious via instagram
Bulukumba tak hanya populer akan keindahan pantai-pantainya saja. Akan tetapi Anda juga sanggup menemukan pulau-pulau anggun nan mempesona. Salah satunya yaitu Pulau Kambing.

Perjalanan menuju pulau ini menghabiskan waktu menyeberang sekitar 30-45 menit memakai bahtera motor masyarakat. Sepanjang perjalanan Anda akan menyaksikan sebuah pemandangan menyejukkan mata.

Kondisi pulau Kambing mempunyai tebing karang yang tinggi dengan banyak kambing yang menghuninya. Pulau ini tak berpenghuni manusia. Kaprikornus suasananya sangat sepi dan tenang.

Pemandangan bawah laut pulau kambing merupakan spot terbaik buat snorkeling. Freediving di Pulau Kambing merupakan sebuah pengalaman yang tak terlupakan alasannya yaitu keindahan bawah lautnya yang sangat memukau.

4. Pesona Pantai Apparallang

sumber : @dionwiyoko via instagram
Pantai Selanjutnya yang mempunyai keunikan dan keindahan luar biasa yaitu Pantai Apparallang. Pantai dengan abjad terbing-tebing karang ini mempunyai view yang sangat indah.

Pantai Apparallang ini ibarat dengan raja ampat di Papua. Pantai ini merupakan salah satu kawasan terbaik menikmati sunrise kala pagi menyapa.

sumber : @dionwiyoko via instagram
Pantai Apparalang terletak di Desa Ara, Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba. Di pantai ini terdapat menara yang cukup tinggi dan merupakan kawasan terbaik untuk menikmati pemandangan alam.

Hamparan hijau pepohonan dan birunya laut menjadi pereda adrenalin alasannya yaitu berada di ketinggian menara biru pantai Apparalang.

Anugerah Tuhan yang tak terkira, sanggup menyaksikan alam yang indah ini. Ini ia salah satu nirwana kecil yang Tuhan ciptakan di Tanjung Bira, Bulukumba.

Tidak ada habisnya Anda akan dibentuk kagum akan keindahan alam Pantai Apparalang ini. Pantai ini tidak ibarat pantai umumnya yang kita lihat. Pantai Apparalang berada di balik tebing bebatuan.

Dari atas tebing Anda akan melihat keindahan yang memamerkan birunya air laut  dan karang serta bebatuan dinding yang menjulang tinggi. Keindahan yang berbeda ini sangat sayang dilewatkan.

Pantai Apparalang merupakan spot yang amat populer untuk kegiatan cliff jump. Setelah meloncat dari tebing Anda akan memasuki air yang amat jernih kolam kaca. Sebuah potret keindahan yang sepatutnya menambah kesyukuran kita terlahir di bumi anggun berjulukan Indonesia.

5. Wisata Pantai Samboang

sumber : @achmad_muddatstsir via instagram
Sejauh mata memandang, pasir putih terhampar luas berpadu indah dengan gradasi air laut hijau tosca hingga biru jernih. Pantai Samboang merupakan sebuah pantai yang terletak di Desa Ekatiro, Kecamtan Bontotiro, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan.

Samboang dalam bahasa bugis berasal dari kata Sambo artinya bersenag-senang. Kaprikornus pantai luas dan indah ini sangat cocok dijadikan arena bersenang-senang.

Pasir putih halusnya yang luas sanggup dijadikan lokasi bermain sepakbola. Sebuah acara yang seru dan mengasyikkan. Setelah lelah bermain bola Anda sanggup menceburkan diri ke birunya laut Pantai Samboang. Sebuah nirwana bahari, hadiah terindah dari Tuhan yang dianugerahkan di Bulukumba.

6. Pesona Pantai Ujung Tiro

sumber : @andnnlstr via instagram
Pantai Ujung Tiro tak kalah cantiknya dengan Pantai Samboang. Pantai ini terletak di Kelurahan Ekatiro, Kecamatan Bontotiro, Kabupaten Bulukumba. Pemandangan di pantai yang lebih cocok disebut tanjung ini benar-benar menyejukkan mata.

Rasanya sayang kalau ke Bulukumba, Anda tak menyempatkan singgah di pantai Ujung Tiro yang mempunyai udara sangat segar ini. Pemandangan di pantai ini sangat instagramable dan sayang untuk tidak dijadikan sebagai lokasi foto Anda selanjutnya.

7. Pesona Puncak Donggia Kahayya

sumber : twitter.com
Salah satu kawasan terbaik untuk menikmati keindahan alam dari ketinggian adalah Puncak Donggia Kahayya. Sebuah puncak di bumi panritalopi ini menyajikan panorama yang begitu indah dengan hamparan bebukitan hijau diselimuti kabut indah.

Puncak Donggia Kahayya terletak di Dusun Lurayya, Desa Kahayya, Kecamatan Kindang, Bulukumba. Puncak Donggia Kahayya ini memiliki ketinggian 1400 mdpl. Berjarak sekitar 40 kilometer dai sentra kota Bulukumba dengan waktu tempuh sekitar satu jam.

8. Puncak Pua Janggo

sumber : @alamatmajaya92via instagram
Bagi Anda yang ingin mencari spot selfie terbaik di Bulukumba, maka Anda sanggup mengunjungi Puncak Pua Janggo. Pemandangan indah pantai bira dan laut lepas yaitu latar begitu keren untuk dijadikan lokasi foto.

Lokasi Puncak Pua Janggo berada tak jauh dari pelabuhan bira. Dari anjungan simata puncak Anda akan menyaksikan sebuah hal yang sungguh mengagumkan. Sayang rasanya kalau ke Tanjung Bira tak mampir di lokasi yang sangat instagramable ini.

9. Bakung-bakung

sumber :berita-sulsel.com
Bakung-bakung merupakan kawasan terbaik untuk menikmati sunrise di Bulukumba. Bakung -bakung terletak di Dusun Bakung-bakung Desa Lembanna, Kecamatan Bontobahari. Berada tak jauh dari Pantai Apparalang.

Hamparan pohonan hijau yang mengelilingi dan suasana syahdu berpadu dengan kesegaran angin yang senantiasa menyapa Anda di Bakung-bakung.Tempat ini juga sangat layak untuk dijadikan lokasi foto menarik di Bulukumba.

10. Pantai Bara

sumber : @mytrip_myadvntr via instagram

Pantai Bara merupakan pantai indah dengan hamparan pasir yang luas, laut yang biru dan gradasi yang memukau. Pantai berpasir putih ini sangat lembut sehingga merupakan arena terbaik untuk bermain di pantai.

Angin yang bertiup menciptakan suasana di pantai ini tidak terasa begitu terik. Apalagi di pantai ini banyak ditumbuhi pohonan kelapa yang sangat tinggi.

Pantai Bara terletak di Desa Bira, Kecamatan Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. Untuk penginapan Anda tak perlu khawatir karena Bara Beach Bungalows dan beberapa penginapan lainnya sanggup menjadi pilihan menginap yang nyaman selama di Tanjung Bira.

Nikmati keindahan pantai ini dengan berenang di airnya yang begitu jernih. Pantai Bara, pesona air lautnya dengan gradasi warna yang anggun hijau tosca hingga biru renta dan pasir putihnya yang lembut. Dan inilah potret salah satu keindahan pantai di Tanjung Bira.

11. Tebing Panaikang Birayya

sumber : indonesia-tourism.com
Tak kalah keren dengan Pantai Apparalang, Tebing Panaikang Birayya juga menyajikan pemandangan indah dan kawasan terbaik untuk cliff jumping.

Pantainya terdapat di bawah tebing yang indah. Air lautnya sangat jernih dan alamnya masih asri. Untuk hingga ke pantai ini Anda harus melaksanakan perjalanan cukup menantang. Namun, sesudah hingga Anda benar-benar akan terpesona oleh keindahannya.

Tebing Panaikang Birayya ini terletak di Desa Darubiah, Kecamatan Bonto Bahari, Bulukumba. Untuk memasuki lokasi ini Anda diharuskan membayar Rp5000,- perorang.

Tebing Panaikang Birayya masih sangat alami dan sepi. Tempat ini masih belum banyak tersentuh tangan manusia. Berada di kawasan ini Anda akan mencicipi berada di pantai milik pribadi.

12. Wisata Kuliner Lahongka Panorama Bira

sumber : @dionwiyoko via instagram
Ingin menikmati kuliner khas Sulawesi Selatan dan sekaligus menikmati pemandangan menakjubkan, maka Anda sanggup mengunjungi Lahongka Panorama Bira.

Di kawasan ini Anda sanggup menikmati mie titi ditemani view indah dari ketinggian tentunya akan menciptakan selera makan Anda bertambah.

Lahongka Panorama Bira terletak di Desa Manyampa, Kecamatan Ujung Loe, Kabupaten Bulukumba. Makanan di kawasan ini sangat khas  dan pelayanan restoran ini juga sangat ramah. Tempat ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin berwisata kuliner di Bulukumba.

13. Pantai Mandala Ria

sumber : @dwiadhy12 via instagram

Pantai Mandala Ria merupakan pantai anggun selanjutnya yang didiami masyarakat yang mempunyai kearifan lokal yang amat mengagumkan.

Di pantai Mandala Ria diproduksi kapal pinisi terbaik yang mendunia. Pantai ini berada bersahabat dengan pantai Apparalang. Pantai ini merupakan salah satu pantai bersejarah di Bulukumba.

Keberadaan kapal pinisi di pantai ini menjadi pemandangan indah yang menciptakan Anda akan senang berada di kawasan ini. Keindahannya sangat layak dijadikan latar indah foto Anda.

Baca juga 7 Tempat Wisata di Pare-Pare Sulawesi Selatan yang Paling Populer.

Itulah kawasan wisata terbaik di Bulukumba yang bahu-membahu masih banyak lagi keindahan lainnya. Sebuah perjalanan panjang yang amat sulit untuk dilupakan. Pantai-pantai di Bulukumba yaitu keindahan yang wajib kita nikmati dan kita jaga kelestariannya.