Danau Tolire Daerah Liburan Menyenangkan Di Ternate Maluku Utara
Cari Berita

Danau Tolire Daerah Liburan Menyenangkan Di Ternate Maluku Utara

Destinasi Nusantara
Kamis, 08 November 2018

Tempat Wisata Ternate- Kota Ternate ialah sebuah kota yang berada di bawah kaki gunung api Gamalama yang berada di sebuah Pulau Ternate di Provinsi Maluku Utara, Indonesia. Kota Ternate merupakan kota kepulauan dengan kondisi topografi sebagian besar tempat berupa gunung dan perbukitan yang  terdiri atas pulau vulkanis dan pulau karang dengan kondisi jenis tanah Rogusal.

Dengan Kondisi tempat perbukitan tentu Ternati mempunyai lebah yang menarik. mirip tempat lainnya di Indonesia Ternate juga mempunyai destinasi wisata yang menarik. 

 Kota Ternate ialah sebuah kota yang berada di bawah kaki gunung api Gamalama yang berada Danau Tolire  Tempat Liburan Menyenangkan di Ternate Maluku Utara

Mengenai tempat wisata di Ternate Maluku Utara ada satu tempat wisata yang populer yaitu Danau Tolire, selain bentuk danaunya yang unik Danau tolire juga mempunyai dongeng legenda yang menarik yang berkembang dimasyarakat setempat.

Danau Tolire ini berada di bawah kaki Gunung Gamalama, dan merupakan gunung api tertingi di Maluku Utara. Danau tersebut terdiri dari dua buah danau. Masyarakat setempat menyebutnya dengan sebutan Danau Tolire Besar dan Danau Tolire Kecil. Jarak antara danau tolire besar dan danau tolire kecil termasuk akrab hanya sekitar 200 meter.

Dari kedua danau ini, Danau Tolire Besar mempunyai keunikan tersendiri yaitu danau tolire bentuknya ibarat sebuah loyang raksasa. Dari pinggir atas hingga ke permukaan air danau dengan kedalaman sekitar 50 meter dan luas sekitar 5 hektare.

Sementara kedalaman danau tolire sendiri hingga ketika ini masih belum diketahui. Karena hingga ketika ini danau tersebut belum ada yang mengukur kedalamannya. Tetapi berdasarkan dongeng yang berkembang di masyarakat danau tolire  berkilo-kilometer dan berafiliasi pribadi dengan laut.

 Kota Ternate ialah sebuah kota yang berada di bawah kaki gunung api Gamalama yang berada Danau Tolire  Tempat Liburan Menyenangkan di Ternate Maluku Utara
Danau Tolire Besar

Danau Tolire Besar merupakan habitat bagi aneka macam macam ikan air tawar. Namun warga masyarakat setempat tidak ada yang berani menangkap ikan atau mandi di danau ini.

Menurut keyakinan warga sekitar danau bahwa danau yang airnya berwarna coklat kekuning-kuningan ini dihuni oleh banyak buaya siluman. Terlepas dari dongeng masyarakat, danau tolire sendiri mempunyai pemandangan indah dan merupakan danau yang populer di ternate Maluku Utara.

Keunikan Danau Tolire Ternate Maluku Utara


Danau Tolire selain mempunyai pemandangan alam yang indah, danau ini juga mempunyai keunikan tersendiri di banding danau di Indonesia Lainnya. Keunikan danau ini ialah Jika anda melempar sesuatu ke danau tolire dengan aneka macam cara dan bagaimanapun kuatnya lemparan dengan memakai kerikil atau benda lainnya tidak akan pernah menyentuh air danau.

Meskipun ketika anda melempar berada sangat akrab pas sempurna di pinggir atas danau yang posisinya air danau  terlihat berada di bawah kaki anda. Mungkin barangkali bagi anda yang gres pertama kali berkunjung ke danau Tolire tidak akan percaya dengan fakta tersebut namun itulah kenyataannya bukan hanya sekedar dongeng.

 Kota Ternate ialah sebuah kota yang berada di bawah kaki gunung api Gamalama yang berada Danau Tolire  Tempat Liburan Menyenangkan di Ternate Maluku Utara
Danau Tolire Ternate Maluku Utara

Biasa acara melempar kerikil kedanau merupakan acara atau pemandangan yang akan anda lihat di danau tolire, alasannya ialah setiap pengunjung atau wistawan yang berkunjung kedanau tersebut akan ingin tau dan akan melaksanakan acara melempar kerikil ke danau.

Anda boleh mencoba melempar kerikil kedanau sehabis membeli kerikil yang banyak dijual di pinggir danau seharga Rp 1.000 untuk lima batu. dan hingga ini tidak seorang pun yang berhasil melemparkan kerikil hingga menyentuh permukaan air danau.

Seperti Sejarah Danau Toba di Sumatera Danau Tolire juga mempunyai sejarah atau cerita, Cerita Danau tolire, berdasarkan dongeng masyarakat setempat, di dasar Danau Tolire Besar tersebut banyak harta karun yang tersimpan. Harta karun ini milik masyarakat Kesultanan Ternate ketika Portugis menjajah Ternate kurun ke-15.

Masyarakat Ternate ketika itu banyak membuang hartanya yang berharga ke dalam danau semoga tak dirampas tentara Portugis.untuk kebenarannya dongeng tersebut belum ada yang membuktikan, sanggup di bilang mistis atau apalah yang terperinci tempat ini menjadi tempat liburan yang menyenangkan terlepas dari dongeng mistis atau dongeng rakyat yang berkembang disana, yang niscaya tempat ini menambah daftar tempat wisata di ternate maluku utara Indonesia.

Lokasi Danau Tolire Ternate Maluku Utara


Bagi anda yang ingin liburan mengunjungi tempat wisata Danau Tolire Besar dan Danau Tolire Kecil saluran jalannya sangat mudah. Untuk mencapai tempat wisata ini anda hanya membutuhkan waktu hanya kurang lebih sekitar 10 menit saja dari sentra kota Ternate, dengan memakai kendaraan carteran berupa kendaraan beroda empat dengan harga Rp 250.000 per hari, atau anda sanggup juga dengan menyewa ojek sepeda motor dengan tarif Rp 10.000 per jam.

Saat mengunjungi Danau Tolire Besar, banyak obyek wisata lainnya yang sanggup dinikmati, mirip keindahan panorama puncak Gunung Gamalama, sejumlah benteng peninggalan Portugis dan makanSultan Babullah, Sultan Ternate yang paling populer – yang terdapat di jalan menuju danau tersebut.

Saat mengunjungi tempat wisata danau tolire anda juga sanggup pula sekalian mengunjungi tempat wisata Pantai Sulamadaha yang populer dengan keindahan pasir putih dan airnya sebening kaca, yang terletak hanya sekitar tiga kilometer dari Danau Tolire Besar.

Karena airnya yang sebening kaca, di Pantai ini pengunjung sanggup menyewa bahtera untuk memancing ikan atau pergi menyelam menyaksikan keindahan panaroma bawah bahari di sekitar pantai itu.