Kenalkan Generasi Muda dengan Aksara Sunda
Cari Berita

Advertisement

Kenalkan Generasi Muda dengan Aksara Sunda

Destinasi Nusantara
Senin, 26 November 2018

Nusantara memiliki untaian budaya, bahasa dan aksara daerah. Satu dengan yang lainnya berbeda tetapi tetap dalam kesatuan bangsa. Karena itu, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat menggali kembali untuk lebih mengenalkan dan mewariskan titinggal karuhun itu kepada generasi muda.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat, Drs. Nunung Sobari, MM saat sosialisasi Aksara Sunda belum lama ini di auditorium Museum Negeri Sri Baduga berpendapat, di Jawa Barat sendiri bahasa dan aksara Sunda itu ada di tiga wilayah. Wilayah Cirebon, wilayah Priangan dan wilayah Botabek.

“Demikian kayanya, budaya Sunda sehingga perlu disosialisasikan kepada generasi muda, khususnya para siswa. Ini disebabkan, generasi muda merupakan pewaris yang akan mewarisi bahasa dan aksara Sunda”, ujar Drs. Nunung.

Terus Disosialisasikan


Kepala Bidang Kebudayaan Disparbud Jabar, Dra. Hj. Wiana Sundari mengemukakan, Disparbud Jabar sudah dua kali menerbitkan dan menyosialisasikan buku aksara Sunda. Untuk ketiga kali ini diadakan di Jatinangor Town Square mengingat di tempat ini banyak masyarakat yang selalu mengunjungi pusat keramaian ini.

Aksara Sunda harus dikenalkan kepada generasi muda yang ada di jawa Barat agar kekal kegenerasi berikutnya.
Generasi Muda dengan Aksara Sunda

“Di sini, katanya, banyak masyarakat yang mengunjungi pusat keramaian. Dengan demikian, masyarakat akan mengetahui pemaparan aksara Sunda yang sudah banyak masyarakat kurang mengenalnya”, ujar Hj. Wiana yang sehari-hari lebih dikenal dengan nama Bu Win.

Senada dengan Bu Win, Dra. Hj. Titien Sumikati MM Kepala Seksi Bahasa dan Sastra Sunda juga berpendapat, pelaksanaan launching aksara Sunda di Jatinangor Town Square sesuai dengan tugas pokok dan fungsi Disparbud Jabar membina bahasa daerah.