Bawa Pulang Oleh-oleh dari Subang
Cari Berita

Bawa Pulang Oleh-oleh dari Subang

Destinasi Nusantara
Jumat, 02 November 2018

Anda pasti mengenal Subang. Selain kaya dengan potensi alamnya, juga kaya dengan aneka karya kreatif. Anda pun pasti pula mengenal nanasnya yang terkenal dengan nanas si madunya.

Jika anda ingin jalan-jalan, apalagi di waktu weekend, jangan lupa cobalah menoleh ke arah utara. Mulai lewat Jalan Setiabudhi akan merasakan nuansa alam yang masih terlihat asri walau diselingi dengan gedung-gedung mentereng di sisi kiri-kanannya.

Tetapi akan terasa nikmat ketika sampai di Pasar Lembang. Perut belum terisi, bisa sekedar makan cemilan ketan bakar yang berjajar di pinggiran jalan dengan kondisi yang cukup apik.

Haus dan kedinginan? Bajigur atau bandrek mudah didapat. Tinggal turun saja dari kendaraan dan mampir sambil duduk minum bajigur atau bandrek dengan ubi atau pisang rebus sebagai cemilannya. Cukup dengan uang Rp.10.000 cemilan dan minuman cukup memberikan semangat untuk melanjutkan perjalanan.

Arah ke Subang memang agak jauh. Kira-kira memakan waktu 1 jam lagi dari Pasar Lembang. Jalan yang berkelok-kelok juga memberikan dorongan untuk menikmati keindahan panorama alam.

Perut anda kerubukan lagi ? Tunggulah sampai di wilayah Cikole. Di sana anda bisa singgah sambil lesehan menikmati makanan khas Sunda di RM Sindangreret. Istirahat di rumah makan ini cukup nyaman dengan kendaraan yang terparkir di area yang luas dan aman. Karena petugasnya selalu siap dan merngawasi areal parkir kendaraan.

Begitu kita tiba di gazebo yang kosong, para pelayan yang berpakaian khas Sunda selalu siap menerima pesanan para pengunjung. Soal tarif, sebagaimana dikemukakan oleh pemilik Sindangreret, H. S. Hermawan, bersainglah. “Artinya, kata pak Haji ini, mahal atau murah sangat relatif”.

Aneka Oleh-oleh Subang


Anda usai menikmati hidangan Sindangreret, kendaraan anda terus melaju kea rah utara. Jika ingin menikmati air hangat alami, bisa singgah di kolam pemandian Ciater. Tetapi jika tidak pun, alam sekelilingnya membuat mata dan badan tetap segar.

Untuk informasi saja bahwa manfaat air panas semacam di Ciater, memiliki khasiat yang membuat badan jadi segar. Bahkan, jika anda memiliki penyakit rematik, sempatkan berendam saja di kolam pemandian Ciater setiap hari sejam bisa memulihkannya.

Bahkan, pemiliknya sudah sekitar 15 tahun membangun poliklinik bagi penyembuhan asam urat dan kelumpuhan dengan dokter dan perawat spesialis. Bahkan tersedia kamar-kamar untuk mereka yang ingin tinggal sementara untuk penyembuhan.

Oleh-oleh atau cendramata khas subang sangatlah banyak, salah satunya adalah nanas simadu yang bisa and bawa pulang dan beberapa cemilan enak.
Nanas Simadu Subang

Apa sih, cenderamata dari Subang ? Dulu Subang dikenal sebagai produsen nanas simadu. Nanas ini sudah terkenal ke seluruh pelosok tanah air. Malah wisatawan mancanegara juga sudah sering mencicipinya jika berwisata ke Subang.

nanas subangTernyata, kini Subang bukan hanya memiliki cenderamata nanas simadu saja melainkan olahan nanas menjadi primadona untuk dibawa pulang. Karya kreatif masyarakat Subang lebih kaya lagi. Tentu saja hasilnya sebagai usaha menambah pundi koceknya.

Dari bahan pokok nenas, sejak Kec. Jalancagak hingga Kec. Cijambe banyak kita temui warung-warung yang menjual olahan nanas ini. Dari mulai minuman yang menyegarkan sirup nanas hingga wajit, dodol, keripik, sele dan kerupuk.

Aneka cenderamata makanan cemilan dan minuman yang menyegarkan itu anda bisa bawa pulang sebagai oleh-oleh bagi mereka yang berada di rumah. Harganya cukup menarik. Karena memang sebagaimana dijelaskan pengusaha kecil menengah ini, Ade Patas, tidak ada di daerah lain.

Kesimpulan


Ramai-ramai berwisata ke Subang, tidak akan membikin jenuh. Sebab, selain alamnya yang memesona juga akan banyak membawa oleh-oleh makanan khas. Mau nanas simadu atau olahannya, semuanya memiliki citra dan sensasi yang menyenangkan.