Persiapan Liburan Tahun Baru 2019
Cari Berita

Persiapan Liburan Tahun Baru 2019

Destinasi Nusantara
Jumat, 02 November 2018

Menjelang liburan Natal dan Tahun Baru 2019 kali ini wisatawan yang akan berlibur diperkirakan akan memadati beberapa kota di nusantara. Seperti di Jawa Barat yang memiliki banyak potensi wisata alam, pantai, dan pegunungan.

Di setiap wilayah Kabupaten/Kota di Jawa Barat tersedia banyak obyek alam. Mau obyek alam pegunungan tinggal mengalihkan tujuan wisatanya ke arah yang dikehendaki, seperti obyek alam Tangkubanparahu yang berada di antara wilayah Kab. Subang dan Kab. Bandung Barat.

Berbagai obyek wisata alam, kuliner, oleh-oleh, hotel, pantai dan gunung harus anda persiapkan untuk Liburan natal dan tahun baru 2019 baik di nusantara maupun mancanegara.
Persiapan Liburan Tahun Baru 2019

Jika kebetulan berada di wilayah Cirebon, tinggal arahkan ke wilayah Kab. Kuningan. Atau di wilayah Priangan, alam pegunungan ada di Kab. Ciamis, Kab. Tasikmalaya, Kab. Garut juga Kab. Sumedang.

Begitu juga jika ingin menikmati pantai, tersedia di Kab. Indramayu. Demikian halnya pantai selatan Kab. Ciamis dan selatan Kab. Tasikmalaya atau selatan Kab. Garut. Banyak pilihan untuk menikmati alam pegunungan atau pantai. Di semua obyek itu, wisatawan pun tidak perlu repot memikirkan untuk akomodasi. Mudah dan banyak.

Terutama oleh-oleh kuliner. Oleh-oleh kuliner yang terkenal di Kab. Kuningan adalah peuyeum ketan khas. Peuyeum ini dikemas demikian rupa di alam ember plastik sehingga mudah membawanya. Cita rasanya? Wah… enak dan lezat. Sebab, peuyeum ini sudah menyebar ke seantero wilayah Indonesia. Tahan lama pula.

Menuju arah Bandung, wisatawan pun dapat singgah menikmati aneka kuliner khas di Kab. Sumedang. Puas mengisi perut, anda pun dapat membawa oleh-oleh tahu. Tahu ini juga sudah menyebar di setiap pelosok tanah air. Ini juga makanan khas.

Di wilayah Kab. Ciamis yang obyek alamnya sudah memancanegara, juga ada kuliner khas yang tidak ada di daerah lainnya. Ini benar. Percayalah. Galendo. Kuliner ini khas, terbuat dari ampas perasan kelapa yang biasa dijadikan bahan minyak goreng. Pengolahannya mudah. Tapi itu rahasia mereka. Usianya ? Mungkin lebih tua dari umur para wisatawan.

Di Kab. Tasikmalaya, oleh-oleh yang bisa dibawa adalah tikar dan alat-alat dapur yang terbuat dari bambu. Jika kebetulan lewat ke Garut, jangan lupa pula menikmati kuliner yang pas di lidah. Untuk oleh-oleh, anda pun dapat membawa pulang makanan yang mashur ke seluruh dunia. Dodol. Ini pun tidak akan ditemui di daerah lain.
Ke Arah Barat

Ke arah Bandung, sejak kawasan Nagreg, anda tidak akan repot untuk mengisi perut. Di sepanjang jalan berjejer rumah-rumah makan dan restoran yang masing-masing memiliki cirri khas. Nah, di Kota Bandung anda tinggal memilih mau ke mana. Jika ingin menikmati alam, tinggal ke a rah utara.

Tetapi jika ingin menikmati kuliner atau membawa oleh-oleh produk busana, banyak tempat yang cukup menjanjikan. Goreng oncom pun akan menjadi kenangan dan dapat membelinya di Pasar Baru Trade Centre. Di sini pun banyak oleh-oleh kuliner lain yang juga khas dan keluarga di rumah pun akan senang dengan bawaan anda.

Jika ingin cepat sampai di Jakarta, jalan bebas hambatan mengarahkan anda untuk menggunakannya. Tetapi, rada sedikit menikmati alam dan restoran. Jika menggunakan jalan lama, anda akan dapat melewati daerah-daerah obyek wisata dan makanan khas.

Di Cianjur, misalnya, banyak obyek alam pegunungan atau pantai di wilayah selatan. Di Cianjur, anda pun dapat menikmati aneka kuliner khas dan membawa pulang oleh-oleh tauco Cianjur. Buah-buahan lokal juga akan dapat anda bawa pulang.

Obyek alam pegunungan juga dapat dinikmati sepanjang jalan menuju Bogor. Makanan ? Tak akan sulit mendapatkannya. Jika dari Cianjur, anda ingin menikmati alam Kab. Sukabumi, tak salah jika anda singgah dulu di Selabintana. Obyek alam itu juga terkenal. Apalagi, Selabintana sudah berkumandang dalam deretan bait lagu Selabintana.