Pesona Alam di Bukit Maribaya
Cari Berita

Advertisement

Pesona Alam di Bukit Maribaya

Destinasi Nusantara
Minggu, 18 November 2018

Istilah Bandung dilingkung gunung memang nyata. Beberapa gunung atau bukit menjadi pemandangan yang sangat mudah kita jumpai terutama di bagian utara dan selatan Kota Bandung. 

Jika di Bandung bagian selatan ada kawasan Ciwidey dengan pesona alamnya, di utara Bandung pun memiliki struktur alam yang serupa. Bukit dan gunung yang mengelilingi Kota Bandung membentuk beberapa lekukan yang sangat indah.

Aliran sungai yang terdapat di antara lekukkan bukit curam sangat indah terlihat dari atas. Apalagi saat aliran tersebut harus jatuh ke dalam tebing yang akhirnya membentuk curug dalam bahasa Sunda atau air terjun. Di kawasan utara Bandung sendiri terdapat objek wisata yang terkenal dengan nama Curug Omas.

Kawasan Bukit Maribaya


Penasaran dengan cerita orang-orang, akhirnya kami mencoba membuktikannya dengan datang langsung ke Curug yang terletak di kawasan Maribaya-Lembang ini. Sekitar 30 menit dari pusat Kota Bandung kami tiba di lokasi yang dituju. Suasana alam pegunungan saat itu juga langsung terasa saat kami mulai memasuki pintu masuk curug Omas.

Pusing mau liburan tahun baru 2019 kemana, ayo nikmati pesona alam di bukit maribaya bandung dengan aneka destinasinya.
The Lodge Maribaya

Seketika petugas yang berada di pintu langsung menyapa kami dengan ramah. Sekitar 800 meter jarak yang harus kami tempuh menuju curug yang menjadi buah bibir masyarakat karena keindahannya.

Jalan setapak yang dilalui sungguh terasa sejuk dengan pepohonan yang berjajar di kanan dan kiri jalan yang terbuat dari batu yang ditata rapi. Tak mau kehilangan momen-momen istimewa, kami pun tak pernah berhenti untuk mengabadikannya dengan kamera yang kami telah persiapkan.

Tak hanya pepohonan yang berjajar, di sekitar area pun terdapat banyak monyet berkeliaran yang cukup akrab dengan pengunjung. Jika saja membawa makanan seperti pisang, mungkin kita bisa bercanda dengan mereka.
Back to Content


Curug omas


Curug omas memiliki ketinggian sekitar 30 meter. Di atasnya terdapat jembatan yang menghubungkan kedua tepian kiri dan kanan curug Omas. Di atas jembatan ini kita dapat dengan leluasa melihat jatuhnya aliran sungai yang cukup besar itu. 

Pusing mau liburan tahun baru 2019 kemana, ayo nikmati pesona alam di bukit maribaya bandung dengan aneka destinasinya.
Pesona Curug Omas

Namun kehatihatian sangat perlu dijaga. Pasalnya jembatan yang terbuat dari besi dan hamparan kayu tersebut rupanya telah berumur sangat tua. Hingga terdapat peringatan tertulis agar para pengunjung yang berhenti di atas jembatan tidak lebih dari lima orang.

Masih ada satu lagi jembatan yang serupa. Letaknya lebih rendah dari jembatan yang pertama. Namun ukurannya lebih lebar dengan alas beton. Dari atas jembatan ini kita dapat dengan jelas melihat badan curug yang tegak dengan tebing batu cadas di kanan dan kirinya serta jembatan pertama tadi yang melintang di atasnya. 

Pemandangan luar biasa inilah yang menjadi favorit pengunjung dan tidak pernah terlewatkan untuk diabadikan. Kekaguman ini seakan tak pernah berhenti saat menyaksikan air yang juga seakan tak pernah berhenti jatuh di antara dua buah bukit ini.

Setelah puas menyaksikan mahakarya sang pencipta tersebut, kami mencoba melakukan eksplorasi daerah sekitar. Setelah melalui jembatan tadi, kami mulai mendaki dengan meniti beberapa puluh anak tangga yang tersedia secara alami untuk kita. Di atas sana ternyata masih tersimpan keindahan yang benar-benar membuat hati ini seakan tak pernah berhenti mengucap pujian bagi Sang Pencipta. 

Di atas sinilah para wisatawan menikmati pemandangan alam sekitar dengan menggelar tikar yang disediakan oleh jasa sewa. Tak sedikit pula di antara mereka yang sengaja tiduran atau bahkan menikmati makanan bersama keluarga yang sengaja dibawa dari rumah.

Area tersebut rupanya sudah termasuk kawasan objek wisata Maribaya yang sudah dikenal wisatawan lokal, nasional dan mancanegara. Tak hanya pemandangan alam dan taman-taman indah yang dapat dinikmati pengunjung, akan tetapi objek wisata Maribaya menyediakan pula kolam pemandian air panas alami yang memberikan manfaat kesehatan dan kesegaran.

Jika alam menyediakan semua keindahan ini dengan begitu ramah, tak ada hal lebih baik yang dapat kita lakukan selain menjaga kelestariannya agar senantiasa memberikan manfaat bagi kehidupan umat manusia. Satu lagi pengalaman jalan-jalan yang mengingatkan kami akan kebesaran sang Maha Pencipta.
Back to Content


Belanja Bunga di Supermarket


Alam Lembang yang berbukit ternyata memberikan suasana yang sangat menarik bagi semua orang untuk melepas beban dan kejenuhan dari segudang aktivitas sehari-hari. Tak sedikit orang yang datang ke kawasan Lembang hanya untuk mendapatkan kesejukan alam yang belum banyak tersentuh modernisasi.
Pusing mau liburan tahun baru 2019 kemana, ayo nikmati pesona alam di bukit maribaya bandung dengan aneka destinasinya.
Supermarket Tanaman Venita

Dengan iklim yang seimbang antara panas dan dingin, tanaman tumbuh subur di dataran Lembang. Karena itu tak jarang orang memanfaatkannya untuk bercocok tanam dan menjadikan tanamannya sebagai potensi bisnis yang menguntungkan.

Salah satunya adalah Supermarket Tanaman Venita. Dari istilah supermarket, seketika terbayang sebuah toko yang menjajakan kebutuhan pokok atau berbagai kebutuhan sehari-hari lainnya. Tapi lain halnya dengan supermarket yang satu ini. Di supermarket ini hanya terdapat berbagai jenis tanaman dengan beragam aksesorinya saja.

Supermarket Tanaman Venita memiliki lahan seluas 5000 meter dan sekitar 1700 meter digunakan untuk bangunan supermarket atau tempat memajang aneka jenis tanaman. Donny, sang pemilik mengatakan, sedikitnya 100 jenis tanaman ditawarkan di supermarketnya. Dari 100 jenis tersebut memiliki varian masing-masing seperti kaktus yang memiliki sekitar 10.000 varian.

Layaknya supermarket biasa, di sini kita bisa dengan santai memilih jenis tanaman yang tersedia di beberapa meja dan rak pajangan. Harganya pun langsung tertera pada setiap pot sehingga tidak perlu lelah dan susah payah negosiasi.

Namanya supermarket tanaman, sudah sangat pasti menyediakan semua hal yang berhubungan dengan tanaman, termasuk pot dan aksesori lainnya. Pengalaman berbelanja di supermarket tanaman menjadikan kita lebih tahu banyak hal mengenai tanaman dengan segala keunikkannya.

Jika ada waktu luang, tak ada salahnya jika sesekali kita mengunjungi supermarket tanaman. Pengalaman yang pasti sangat menyenangkan. Jangan salahkan diri anda jika akhirnya anda tergiur memborong beberapa jenis tanaman yang indah untuk dibawa pulang.

Bagi yang belum memiliki keterampilan dalam mengelola dan merawat tanaman tidak perlu khawatir, semua ilmu perawatannya bisa didapatkan di sini dengan konsultasi gratis dari pengelola supermarket tanaman.
Back to Content


Pasar Tradisional Kota Bandung


Saat kita kembali ke rumah, selama perjalanan dari Maribaya ke Kota Bandung, aneka jenis buah-buah atau sayuran dapat dibeli sebagai oleh-oleh tambahan. Siapa tahu, jika harga buah-buahan atau sayuran di kawasan Lembang jauh lebih murah ketimbang di swalayan dan pasar tradisional Kota Bandung.

Jika ingin menghangatkan badan, jajanan murah pun tersedia di sekitar jalan raya Lembang. Ketan bakar, penganan khas Bandung ini ditambah dengan sambal oncom mungkin akan menjadi penghangat badan. Ingat yang di rumah? Bawalah sekedar oleh-oleh. Mungkin keluarga menantinya.
Back to Content


Penutup


Demikian ulasan tentang pesona alam di Bukit Maribaya pada edisi wisata kali ini. Untuk menikmatinya, segera jadwalkan untuk berlibur saat tahun baru atau saat liburan sekolah bersama keluarga, kerabat dan pacar anda.